HUBUNGAN PENETAPAN PERGURUAN TINGGI NEGERI SEBAGAI BADAN LAYANAN UMUM DENGAN PENINGKATAN INDIKATOR KINERJA UTAMA PERGURUAN TINGGI
Oleh: Wahyujati Aryono Widi
18 May 2022
Capaian kinerja PTN diharapkan sebagai indikator peningkatan pelayanan pendidikan tinggi kepada masyarakat. Delapan Indikator Kinerja Utama ditetapkan melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3/M/2021 tentang Indikator Kinerja Utama. Pencapaian IKU PTN juga akan menjadi tolok ukur pemberian insentif Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) berbasiskan kinerja seperti yang sudah dijelaskan dalam Merdeka Belajar episode keenam Transformasi Dana Pemerintahan untuk Pendidikan Tinggi, yaitu: 1. Insentif berdasarkan capaian Indikator Kinerja Utama (untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN)), 2. Dana penyeimbang atau matching fund untuk kerja sama dengan mitra (untuk PTN dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS)), dan 3. Program Kompetisi Kampus Merdeka atau competitive fund (untuk PTN dan PTS). Dengan ditetapkannya beberapa perguruan tinggi menjadi Badan Layanan Umum diharapkan adanya peningkatan capaian IKU dalam tujuan peningkatan pelayanan pendidikan tinggi kepada masyarakat. Analisis data capaian IKU tahun 2020 dan 2021 diharapkan dapat menunjukkan hipotesa bahwa terjadi peningkatan pelayanan kinerja PTN setelah perubahan status menjadi BLU. Hasil pengujian data kinerja IKU tahun 2020 dan 2021 diperoleh kesimpulan: 1. Capaian IKU tahun 2020, kecuali untuk IKU 3 (Dosen Berkegiatan di Luar Kampus) dan IKU 6 (Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia) diperoleh kesimpulan H0 ditolak dan H1 diterima atau kinerja PTN BLU tahun 2020 lebih baik dibandingkan PTN non-BLU, dan data tidak terdistribusi normal pada IKU 4 (Praktisi Mengajar di Dalam Kampus). 2. Capaian IKU tahun 2021, kecuali untuk IKU 3 diperoleh kesimpulan bahwa terjadi peningkatan kinerja PTN BLU pada tahun 2021, dan data tidak terdistribusi normal pada IKU 4, 5 (Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat atau Mendapat Rekognisi Internasional) dan 6. Kesimpulan atas analisis data IKU sebagai kinerja utama peningkatan pelayanan pendidikan tinggi kepada masyarakat perlu dikaji ulang penetapannya sehingga benar IKU telah mencerminkan peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat di bidang pendidikan tinggi misal peningkatan akreditasi perguruan tinggi, pembukaan prodi baru yang dibutuhkan masyarakat, meminimalkan pendapatan yang bersumber dari mahasiswa dan meningkatnya layanan publik.